Kamis, 24 September 2009

Usaha yang memiliki nilai tambah


Teman-teman netter , perdefinisi yang namanya usaha baru bisa dikatakan usaha apabila ada kekuatan yang kita miliki yang kita ciptakan. Kekuatan itu sendiri tidak berarti apa-apa apabila tidak dimanfaatkan. Usaha baru bermakna apabila ada suatu kegiatan atau pergerakan atau apalah namanya apakah itu tindakan atau action yang penting kita tidak statis.

Oleh karena itu jelas bahwa siapapun pasti bisa melakukan suatu usaha karena pada dasarnya setiap orang pasti punya potensi sekecil apapun. Walaupun potensi kita kecil tapi apabila kita melakukan cukup banyak action maka pasti akan ada hasilnya.Potensi itu sendiri sebenarnya sudah tersedia dalam diri kita , bahkan sangat luarbiasa tanpa kita sadari.

Memang seringkali potensi itu tidak kita sadari , karena ada keterbatasan cara berpikir kita. Sehingga dengan demikian potensi ini harus kita gali terus , kita asah apabila terjadi pelapukan membuat tumpulnya potensi. Disinilah perlunya proses belajar yang tiada berhenti. Setiap saat kita harus selalu memelihara dan mempertahankan potensi dalam bentuk kompetensi yang kita miliki. Proses belajar itu sendiri bisa dilakukan baik secara informal , non formal maupun formal. Yang penting ada upaya terhadap pemeliharaan dan peningkatan potensi.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan agar supaya usaha kita ada hasilnya. Langkah mundur akan menyebabkan nilai usaha kita menurun. Oleh karena itu tidak usah risau dalam kondisi apapun kita harus maju terus. Saya sendiri sudah sering mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman yang namanya jatuh bangun itu sudah biasa dalam usaha. yang lebih penting dari itu adalah mempertahankan momentum walaupun pelahan tetapi gerakan harus tetap dilakukan secara konsisten. Setiap kali kita berhenti maka diperlukan kekuatan dan gaya yang lebih besar untuk memulai kembali. Selamat berjuang dan berusaha. Salam Fortuna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar