Selasa, 22 September 2009

Belajar dengan menggunakan teknologi informasi


Berbagai cara bisa kita gunakan dalam pengembangan kompetensi kita baik secara informal di lingkungan keluarga , maupun melalui jalur pendidikan nonformal dan pendidikan formal , kesemuanya memberikan peluang untuk kita bisa berkembang.

Namun saat ini agak sulit dihindari prasyarat bahwa untuk kita bisa efektif dan efisien dalam proses belajar yaitu penguasaan bahasa Inggris dan komputer. Kemampuan bahasa Inggris masih diperlukan mengingat masih banyak referensi yang menggunakan bahasa Inggris sedangkan komputer diperlukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan waktu.

Melalui teknologi informasi dimungkinkan kita belajar tanpa beranjak dari rumah cukup didepan komputer yang on line. Dalam tulisan berikut kita akan membahas fenomena baru tentang proses belajar dengan menggunakan fasilitas internet.


Berdasarkan data-data kasar dari berbagai sumber kita bisa menyimpulkan bahwa pengguna teknologi internet masih terbatas , apalagi bila menyangkut aktifitas lain yang terkait seperti blogging dan sebagainya yang menurut detik.com belum mencapai angka 1 juta blog di Indonesia pada tahun 2008.
Perkembangan teknologi internet sendiri relative sudah cukup lama di Indonesia namun pengetahuan masayarakat tentang pemanfaatannya masih terbatas. Kalaupun ada yang tahu tentang kehebatan internet namun hanya sekedar tahu , bagaimana menggunakannya masih banyak yang enggan untuk belajar. Apalagi untuk generasi-generasi usia senja yang praktis seperti ada semacam keengganan untuk memulai belajar computer.

Memang sudah banyak sekolah dimana para guru memberi tugas kepada muridnya untuk mecari data dari internet namun disela-sela kegiatan browsing banyak sekali anak sekolah lebih banyak meluangkan waktu untuk bermain game daripada browsing belajar sesuatu.

Proses pembelajaran melalui internet merupakan suatu proses yang sangat efektif dan efisien. Contoh yang paling konkrit di kehidupan sehari-hari , seorang ibu rumah tangga yang bingung mau masak apa karena sudah bosan dengan masakan yang konvensional bisa memanfaatkan internet untuk mencari ide masakan alternative.

Apabila belum tahu cara masak tidak perlu kemana-mana cukup dicari di internet juga bisa. Mau kursus masak tidak tahu tempatnya bisa cari di internet atau bahkan bisa kursus secara online. Pada dasarnya tidak ada kesulitan yang tidak bisa dipecahkan dengan bantuan internet.

Materi pengetahuan di internet tersedia untuk pengetahuan apapun , sehingga proses pembelajaran melalui internet menjadi sangat efektif dapat banyak serta efisien karena tidak perlu keluar rumah cukup buka internet saja. Apabila dirumah belum ada fasilitas internet biasanya disekitar rumah sekarang banyak warnet yang bahkan sebagian buka 24 jam.


Setelah kita mengetahui bagaimana kita bisa belajar melalui internet selanjutnya kita juga bisa memanfaatkan internet untuk melakukan kegiatan usaha di internet. Sampai saat ini banyak masyarakat yang masih awam terhadap website. Padahal untuk membuat website banyak tersedia fasilitas gratis untuk membuat website , walaupun yang tidak gratispun biayanya sekarang ini relative terjangkau. Banyak juga tersedia fasilitas membuat blog ( blogspot,multiply,worpress dll ) sebagai ganti website dimana kita bisa secara online membuat blog dalam waktu yang sangat singkat karena sudah tersedia template-template gratis.

Pada kenyataannya untuk membuat website kita cukup tahu menjalankan program Microsoft office saja misalnya words , excel , atau publisher. Karena semua file office bisa di save atau di konversikan kedalam format html ( Hyper Text Mark up Language) dengan memberi nama file kita dengan index.html , tanpa harus memahami kode-kode html yang bikin pusing. Kalau sudah mulai lancar bolehlah belajar seperti joomla , macro media dream weaver dll. Kalau pusing bagaimana cara membuat website lagi-lagi tinggal buka internet , banyak sekali yang mau berbagi ilmu baik gratis maupun bayar bagaimana cara membuat website.

Selanjutnya kita buka internet cari penyedia jasa domain untuk membeli nama website kita , dan sekaligus sewa hosting tempat kita menyimpan file-file yang ingin di upload ke internet. Semudah itu ? Ya memang sangat mudah. Buktinya Lembaga Pendidikan dan Manajemen Lentera Fortuna yang kami kelola selain ada situs www.lenterafortuna.com kami masih memilik ada sekitar 15 website dan blog lain. Kalau masih juga ada kesulitan ya tinggal minta tolong sama ahlinya beres kan ?
 

Suatu hal yang patut menjadi bahan pemikiran ialah bahwa segala sesuatu pasti ada sisi positif dan negatifnya. Apapun selalu ada sisi baik dan sisi buruknya. Sisi positif dari internet apabila bisa memanfaatkan menawarkan fasilitas dan kemudahan tanpa batas. Demikian juga internet juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang negatif dengan potensi yang juga tidak kalah menakutkannya. Namun sebagaimana yang dikatakan oleh para pakar seperti misalnya yang diungkapkan dalam film The Secret hal-hal yang positif memiliki kekuatan yang berlipat-lipat jauh lebih kuat dibandingkan hal-hal negatif. Oleh karena itu energy positif dan aura rezeki dari internet patut diberikan perhatian secukupnya agar bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat banyak.

Beberapa usulan pemikiran dalam rangka pemasyarakatan ICT adalah sbb. :

* Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah upaya mensosialisasikan manfaat internet dengan memberikan penekanan pada sisi positif dan bisa memberikan contoh yang sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat secara umum. Upaya sosialisasi ini haruslah dilakukan secara terus menerus dengan monitoring dan evaluasi perkembangannya setiap saat yang bisa diukur dengan perkembangan kecepatan jumlah pengguna internet sebagai hasil dari sosialisasi.
* Selanjutnya perlu ada political will baik dari Pemerintah maupun para penyedia jasa internet untuk memberikan kemudahan dan fasilitas penggunaan internet pada tariff yang terjangkau oleh sebagian besar masyarakat.
* Apabila diperlukan langkah empowerment diwujudkan dalam bentuk keharusan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam cakupan yang lebih luas.
* Selanjutnya asosiasi atau organisasi penyedia jasa ICT ikut berperan dalam menggalakkan wawasan umum yang lebih mendalam dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Salam Fortuna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar