Senin, 05 Oktober 2009

MELESTARIKAN BUDAYA MELAYU.



Membaca ulasan Kompas Minggu 4 September yang lalu tentang kasanah music Indonesia yang telah berhasil mendominasi ringtone telpon seluler , memicu kembali semangat kita bahwa banyak lagu-lagu Indonesia telah mendapat tempat di blantika music Indonesia. Musik adalah salah satu cerminan budaya sehingga apabila salah satu budaya kita telah mendapat tempat di hati seluruh masyarakat Indonesia , tentunya ranah budaya yang lain akan tersentuh juga termasuk dalam budaya berbusana. Semangat kita untuk mempertahankan budaya batik menjadi cerminan juga bahwa kita pada dasarnya mencintai karya anak negeri tercinta ini.

Kita ucapkan selamat kepada para musikus kita yang telah berhasil menciptakan lagu-lagu yang telah menggoncang paradigma para penggemar music local dengan karya-karya yang sesuai. Walaupun demikian memang perlu dicatat bahwa kesesuaian itu tidak langsung menyimpulkan bahwa karya-karya kita memang bermutu. Namun paling tidak para musikus kita saat ini telah berhasil menbgidentifikasi dengan akurat apa yang menjadi keinginan masyarakat.


Dan ternyata bahwa music-musik saat ini telah menghimpun begitu banyak penggemar dan memang jenis music yang seperti itulah yang menjadi kesukaan mereka. Ada nuansa kesederhanaan yang terasa pada sebagian lagu yang menjadi puncak tangga lagu Indonesia belakangan ini.Apakah itu cerminan bahwa masyarakat Indonesia saat ini lebih suka dengan hal-hal yang sederhana dan mudah dicerna , walaupun barangkali kualitasnya sesungguhnya masih perlu diuji lebih jauh ? Itulah pekerjaan rumah bagi para pengamat music Indonesia yang perlu meneliti lebih lanjut. Apapun kita tetap acungkan jempol untuk para pemusik Indonesia saat ini. Salam Fortuna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar